Penyebab Orang Bunuh Diri

Mengungkap Fenomena Bunuh Diri dari Kaca Mata Sosiologis - Kabar24 Bisnis.comBunuh diriĀ 

Kebanyakan orang yang menganggap bahwa masalah hidupnya sudah tidak bisa diselesaikan akan menjadi kan tindakan bunuh diri sebagai jalan terakhir mereka, padahal bunuh diri bukanlah hal yang akan menyelesaikan masalah.

Fakta bunuh diri
Respon setiap orang tentunya berbeda-beda dalam menghadapi masalah, ada orang yang menghadapi dengan optimis ketika sedang dilanda masalah, namun ada juga yang bersikap pesimis karena merasa tidak sanggup dalam menghadapi masalah hidup yang menurutnya sudah tidak berarti lagi untuk dirinya terus melanjutkan hidup.

Respon seseorang biasanya dipengaruhi oleh seberapa kuat suatu mental seseorang dalam menghadapi semua masalah hidupnya, sebuah mental bisa dibangun dari pengalaman-pengalaman seumur hidupnya yang sudah dilaluinya, jika seseorang sudah sering ditimpa oleh suatu masalah dan ia berhasil melawati rintangannya maka akan ada kemungkinan ia akan menjadi pribadian yang kuat dan berjuang untuk bertahan dan melanjutkan hidup.

Namun jika ia adalah orang yang selalu merasakan kegagalan yang berulang kali dan merasa pesimis dengan kehidupannya maka akan ada kemungkinan besar orang tersebut akan mencoba untuk mengakhiri hidupnya, selain itu jika adanya perasaan seperti tak dihargai, selalu membandingkan ataupun dibandingkan dengan kehidupan orang lain, menjadi korban bullying, mengalami stress yang jika tidak dikelola dengan benar maka bisa menyebabkan orang-orang menjadi depresi.

Depresi bisa membuat seseorang mempunyai keinginan untuk bunuh diri, pada tahun 2014 dilaporkan bawah terdapat sekitar 820 kasus orang bunuh diri di Indonesia.

Penyebab seseorang ingin melakukan bunuh diri yang didasari beberapa faktor:
1. Depresi
Depresi merupakan mental illness yang gejalanya cukup sulit untuk disadari maupun dikenali sehingga sering sekali seseorang tidak menyadari jika ada sesuatu yang sedang tidak beres dengan dirinya sendiri sehingga mengakibatkan dirinya tidak bisa mendapatkan jalan keluar atas masalah hidup yang sedang menimpanya.

Begitu juga dengan seseorang yang sedang murung dan selalu menutupi dirinya kebanyakan orang akan berfikir jika seseorang tersebut pemalas dan tidak pandai untuk bergaul, gejala depresi ini juga sering membuat seseorang berfikir jika sudah tidak ada lagi yang menyayangi dirinya, membuat dirinya menyesal telah hidup dan berpikir untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

2. Masalah sosial
Sebenarnya beberapa orang tidak berniat untuk bunuh diri namun karena orang tersebut sudah tidak bisa untuk bertahan dan keluar dari masalah sosial yang sedang dihadapi olehnya pada akhirnya ia akan memilih untuk mengakhiri hidup nya sendiri.

3. Adanya sikap impulsif
Dimana ia melakukan sesuatu dengan dorongan hati, implsif sebenarnya tidak sepenuhnya buruk, ada baiknya karena orang implsif biasanya bisa melakukan sesuatu dengan spontan namun mereka bisa menjadi cenderung nekad dan ceroboh sehingga bisa berbahaya jika dibarengi dengan pikiran negatif yang akan membuat nya berfikir cepat untuk bunuh diri.