Menjaga kesehatan merupakan sebuah kewajiban untuk siapa saja. Apalagi kalau terkait dengan organ penting, salah satunya paru-paru. Organ yang satu ini sangat vital karena manusia tidak bisa bernafas tanpa paru-paru. Apalagi kalau pada masa pandemi gini.

Jaga selalu paru-paru agar oksigen tetap dapat masuk ke dalam tubuh dengan lancar. Cintai paru-paru sedari awal dengan menjaga pola hidup sehat. Sebaiknya tetap selalu melakukan pengecekkan kesehatan. Imbangi dengan pila hidup dan pola makan yang sehat dengan selalu rutin berolahraga.

1. Tomat

Ti ting du ikke visste om tomater | Godt.no
Tomat merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung likopen. Anti oksida yang disebut karotenoid pada tomat ini bisa untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Dengan mengkonsumsi tomat sudah terbukti bisa membantu mengurangi peradangan pada saluran pernafasan dan meningkatkan fungsi paru-paru.

2. Bit

Buah Bit Merah Ternyata Miliki Efek Samping yang Berbahaya, Apa Saja? -  Tribun Manado
Akar dan sayur bit ini mempunyai senyawa dan nitrat yang bisa untuk memperbaiki paru-paru. Nitrat dapat membantu melancarkan pembuluh darah, memperbaiki penyerapan oksigen dan mengurangi tekanan darah.

3. Labu

Mengenal 5 jenis labu beserta manfaatnya untuk kesehatan - News+ on RCTI+
Labu mempunyai berbagai kandungan senyawa yang baik. Labu mengandung kaya akan karotenoid seperti zeaxanthin, beta karoten, anti oksida, anti inflamasi dan lutein yang kuat sehingga sangat baik untuk paru-paru.

4. Blueberry

Royalty-Free photo: Bowl of blueberries | PickPik
Blueberry memiliki kandungan nutrisi. Dengan mengkonsumsi buah ini bisa memberikan beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan salah satunya untuk melindungi dan menjaga fungsi paru-paru.

5. Kunyit

Frozen Indonesian Turmeric Kunyit 200g | Toko Indonesia
Kunyit sering dipakai untuk meningkatkan kesehatan. Kandungan anti inflamasi dan anti oksida yang terdapat pada kunyit ini sangat kuat. Salah satunya yaitu curcumin, komponen aktif kunyit ini sangat baik untuk meningkatkan fungsi paru-paru.

6. Paprika

Wah, Ternyata Paprika Ada Jenis Kelaminnya Lho!
Paprika merupakan sumber vitamin C. Nutrisi yang terdapat pada paprika ini dilarutkan air akan beperan sebagai anti oksida tubuh. Bukan hanya itu saja, asupan vitamin C bisa membantu untuk menyehatkan paru-paru untuk perokok aktif.

7. Apel

Manfaat dan Zat Gizi dalam Buah Apel - Jovee.id
Para peneliti mengatakan kalau mengkonsumsi apel dengan secara rutin bisa untuk membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Mengkonsumsi paling sedikit 5 apel dalam 1 minggu sangat ampuh untuk menurunkan resiko terkena penyakit paru-paru.