Leukemia atau lebih dikenal dengan penyakit kanker darah tentunya merupakan hal yang berbahaya yang terjadi dalam tubuh dimana sel kanker tersebut kita ketahui akan menyerang sel darah putih pada sumsum tulang belakang.

Sel darah putih sendiri sangat berperan penting selama ini dalam mencegah benda asing atau penyakit yang berusaha untuk menyerang tubuh dan apabila mereka terinfeksi oleh kanker tersebut maka sel abnormal akan muncul dan terkena ke organ yang lain dan ini bisa berbahaya mengancam nyawa orang yang mengalaminya. Untuk berjaga-jaga sebaiknya mengetahui gejala penyakit tersebut dan bisa segera melakukan penanggulangan ke ahli medis, simak berikut ini!

1. Sistem imunitas pada tubuh menurun

Seperti yang dijelaskan bahwa sel darah putih perannya akan melindungi tubuh tetapi bila sudah terinfeksi oleh sel kanker tersebut maka justru akan berperan untuk menurunkan sistem kekebalan tubuh yang berujung pada infeksi dan kemungkinan terserang penyakit lain sangat besar.

2. Terjadi bengkak pada kelenjar getah bening

Gejala kali ini bisa dilihat melalui fisik secara langsung dimana pada bagian leher, ketiak, atau paha terjadi sebuah bengkak dari kelenjar getah bening yang sudah terserang sel kanker leukemia tersebut.

3. Pembekuan sel darah merah dalam tubuh

Leukemia juga akan membuat proses pembentukan sel darah merah menjadi menurun hal ini disebabkan pada bagian sumsum tulang belakang tadi sudah berperan membuat sel darah putih yang abnormal saja saat sudah terserang penyakit tersebut.