Buah lontar atau palmyra fruits memiliki nama latin Borassus flabelliferĀ adalah buah yang tumbuh subur di kawasan Asia Tenggara dan Selatan. Di Indonesia, buah lontar dapat mudah di temukan pada wilayah bagian timur seperti Bali, Madura, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Cara mengonsumsi buah lontar adalah dengan menggupas kulitnya terdahulu dan hanya di makan bagian daging biji buahnya, secara sekilas buah lontar mirip dengan kolang-kaling dengan warna putih transparan yang berisikan air

Buah lontar mudah dijumpai karena banyak dijual di pinggir jalan dan akan semakin banyak dijual menjelang bulan Ramadan karena kandungan air yang tinggi pada buah lontar dapat membantu melepaskan dahaga setelah satu hari berpuasa.

Selain itu, buah lontar juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, seng, tiamin, riboflavin, kalium, vitamin B dan vitamin C.

Dengan nutrisi tersebut dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh, seperti:

1. Mencegah diabetes
Buah lontar memiliki indeks glikemik rendah karena tidak mengandung banyak gula yang membuat rasanya tidak terlalu manis namun tetap menyegarkan ketika dikonsumsi. Dengan indeks glikemik rendah maka dapat mencegah diabetes.

2. Membantu mengurangi berat badan
Buah lontar adalah buah yang rendah kalori dan kaya akan kandungan airnya. Kandungan air yang banyak pada buah lontar dapat membantu untuk merasa kenyang lebih lama sehingga dapat membuat kebiasaan nyemil berkurang karena perut masih kenyang. Oleh karena itu, buah lontar sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika menjalani program diet.

3. Sehat untuk pencernaan
Buah lontar dipercaya dapat meningkatkan pergerakan usus dan membantu untuk meredakan masalah pencernaan seperti sembelit. Buah ini juga dapat mengobati sakit maag dan menurunkan kadar asam lambung. Buah lontar juga memiliki efek inflamasi yang dapat mengobati mual dan muntah.

Selain tiga manfaat di atas, buah lontar memiliki manfaat lain seperti : Mengatasi atau meringankan masalah kulit, meredakan migrain, mengobati biang keringat dan bisul, dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Jadi, meskipun buah lontar dapat mudah di temukan di pinggir jalan, buah ini bukanlah buah murahan karena dapat memberikan segudang manfaat kesehatan yang sangat baik.