Salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh banyak orang adalah obesitas. Obesitas adalah kondisi dimana lemak yang ada pada tubuh menumpuk. Hal ini dikarenakan proses pembakaran lemak tidak sebanding dengan apa yang masuk ke tubuh. Banyak anak muda zaman sekarang yang mengalami obesitas. Namun obesitas tidak hanya menyerang orang dewasa loh, bahkan anak-anak juga bisa terkena obesitas. Apa saja sih penyebabnya selain kebanyakan makan ?

Penyebab pertama adalah sering pilih makanan. Masa pertumbuhan pada anak adalah masa paling krusial. Jika anak terlalu banyak memilih makanan, maka keseimbangan gizi pada tubuh akan goyah. Jika nutrisi pada tubuh tidak seimbang, maka resiko terbesarnya adalah mengalami obesitas. Oleh karena itu kita harus mengontrol dan mengawasi asupan makanan untuk anak, jangan hanya memberikan makanan yang enak saja, sayuran dan buah juga perlu diperhatikan untuk keseimbangan nutrisi pada tubuh anak.

Penyebab kedua adalah memberikan susu formula di tengah malam. Sering bukan kita melihat banyaknya orang tua yang memberikan susu formula kepada anak yang kesulitan tidur di malam hari ? Apakah kalian tahu jika memberikan anak susu formula dimalam hari akan mempengaruhi berat badan sang anak ? Oleh karena itu jauhi kebiasaan ini ya.

Penyebab ketiga adalah terlalu lama membiarkan anak duduk di stroller. Yah, mungkin stroller memang sangat membantu orang tua ketika mengajak anak pergi keluar. Namun terlalu lama membiarkan anak duduk tanpa memberikan kebebasan untuk bergerak justru akan berakibat buruk untuk berat badan si buah hati. Jadi sebagai orang tua, kita harus tahu batasan selama apa kita membiarkan anak duduk di stroller.

Penyebab keempat adalah kurang tidur. Mengapa kurang tidur dapat mempengaruhi berat badan anak ? Karena jika anak tidak memiliki pola tidur yang benar, ia akan cenderung merasa lapar dan ingin terus makan. Hal inilah yang nantinya akan berpengaruh pada berat badan sang anak.

Penyebab kelima adalah tidak melakukan pengukuran penambahan berat badan anak secara rutin. Sebagai orang tua kita perlu memperhatikan perkembangan kenaikan ataupun penurunan berat badan anak. Jika dirasa kenaikan berat badan anak terasa tidak wajar, kita perlu berkonsultasi dengan dokter anak untuk melihat ada kesalahan atau ada permasalahan apa sehingga kenaikan berat badan anak menjadi tidak terkontrol.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *